Sabtu, 03 Mei 2014

Trik Gampang Menghias Kue


Kue Tart, ilustrasi
Kue Tart, ilustrasi
Menghias kue memang tidak mudah, terutama bagi pemula. Diperlukan keahlian dan kesabaran. Salah satu tolok ukur baik tidaknya hiasan kue, adalah hasil hiasan yang rapih. Baik itu dengan menggunakan krim maupun hiasan lembaran. Ketepatan dan kejelian sangat penting. Semua ini hanya akan diperoleh melalui latihan. Sebuah cake yang lebih indah tapi memiliki kerapihan hiasan, akan tampak lebih baik daripada yang ramai dekorasi tapi tidak rapih.
Kalau Anda termasuk yang kerap gagal dalam menghias kue, tips berikut ini mungkin bisa membantu.
- Belajar membuat kue adalah langkah pertama sukses mendekorasi. Seperti apa cake yang baik? Yang lembut, ringan dan memiliki permukaan kuning kecokelatan dengan remah sesedikit mungkin. Ukurannya pun harus simetris.

- Anda tidak perlu cape-cape membuat adonan terlebih dahulu. Saat ini sudah ada bahan jadi kue yang dikemas dalam kotak. Dengan begini, Anda cukup menambahkan bahan tambahan seperti telur ke dalam bahan jadi. Memanggang dan menghias.
- Banyak yang kaget, karena ternyata cake tidak bisa dihias satu jam setelah dipanggang. Kue harus benar-benar dingin sebelum proses selanjutnya. Bungkus kue dengan plastik atau aluminium foil, simpan di freezer selama 4-24 jam sebelum dihias. Kue tidak akan mudah patah. Selain itu, kue yang beku lebih mudah digerakkan dan Anda tidak perlu khawatir adanya kerusakan.
- Setelah kue didinginkan selama satu jam, Anda bisa memotong sudut yang kering (berwarna cokelat). Setelah itu, jika menginginkan, belah kue. Paling banyak menjadi tiga lapis. Tiap lapisan bisa diisi dengan krim, selai, strawberry dan isian lainnya. Kue berlapis akan tampak sangat indah ketika dipotong.
- Jika ingin mewarnai krim, sebaiknya tambahkan pewarna lebih terang dari yang Anda inginkan. Karena begitu mengering, warnanya akan lebih gelap. Sebaiknya diukur berapa banyak yang Anda butuhkan, karena sulit memperoleh warna yang sama jika Anda mencampur untuk kedua kalinya.
Menghias cake bukanlah keterampilan yang tidak bisa dipelajari. Tapi memang dibutuhkan latihan dan kesabaran. Mulailah adonan yang sudah ada di pasaran. Dan kalaupun Anda tidak menyukai hasilnya, tak mengapa. Jangan malu untuk menyajikannya pada keluarga dan teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar